15 Tempat Wisata di Purwakarta yang Lagi Hits 2023

Tempat Wisata di Purwakarta - Obyek wisata di Purwakarta mungkin belum begitu ramai dikunjungi layaknya tempat-tempat wisata lain di Jawa Barat, seperti wisata di Bandung dan Bogor. Namun, pesona panorama keindahan alam Purwakarta tidak bisa dipandang dengan sebelah mata. Topografinya yang didominasi oleh wilayah pegunungan dan perbukitan menjadikan Purwakarta sebagai tempat berlibur yang tepat untuk melepaskan kepenatan dan merilekskan diri dari hiruk pikuk perkotaan.

tempat wisata di purwakarta

Seiring berjalannya waktu, kini Purwakarta mulai bertransformasi menjadi salah satu kota yang menawarkan berbagai destinasi wisata menarik bagi masyarakat. Mulai dari wisata edukasi hingga wisata alam dengan spot-spot foto yang cantik. Bahkan, ada juga wisata kuliner yang dapat memanjakan lidah para wisatawan. Dengan demikian, mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Purwakarta sangat perlu dipertimbangkan untuk Anda yang mencari suasana liburan baru.

15 Tempat Wisata di Purwakarta yang Lagi Hits 2023

Tempat wisata yang ditawarkan oleh Kota Purwakarta sangat beragam sehingga akan seru untuk mengeksplorasinya. Wisata yang ditawarkan di antaranya ialah wisata air, taman hingga pegunungan serta perbukitan. Sebagai rekomendasi, simaklah ulasan 15 tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits 2023 dan wajib masuk ke dalam daftar destinasi wisata Anda berikut ini!

1. Gunung Lembu

gunung lembu

Kegiatan mendaki gunung menjadi populer belakangan ini. Semakin banyak orang yang menjadikan pendakian gunung sebagai hobinya. Saat proses pendakian tentu alam yang indah akan menjadi hal yang selalu ingin dilihat. Salah satu gunung yang menyajikan pemandangan alam indah ialah Gunung Lembu di Purwakarta.

Gunung Lembu tidaklah terlalu tinggi, yaitu 792 mdpl, tetapi jalurnya akan memberikan tantangan tersendiri bagi pendakinya. Ketika mendaki Gunung Lembu, Anda kan menemui jalan yang cukup terjal dan sulit. Akan tetapi, perjalanan itu akan terbayarkan karena pemandangan alam indah yang hanya dapat dilihat di sepanjang perjalanan menuju puncak Gunung Lembu. Anda akan dapat menyaksikan keindahan dan keluasan Waduk Jatiluhur dan kenampakan Kota Purwakarta. Selain itu, Anda juga dapat melihat Gunung Parang yang tidak kalah gagah dari gunung ini.

Jika Anda mendaki Gunung Lembu sempatkanlah untuk menyaksikan sunrise atau sunset dari puncaknya. Sebab, sunrise dan sunset yang disaksikan dari atas gunung ini akan dibingkai oleh kecantikan Waduk Jatiluhur dan kemegahan Gunung Parang yang menambah kecantikannya. Untuk mendapatkan pemandangan yang lebih sempurna, cobalah menyaksikannya di dekat Batu Lembu yang tidak terlalu jauh dari puncak gunung. Momen ini akan menjadi kenangan yang tak terlupakan dari ingatan Anda.

Lokasi: Dukuh Manunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat

2. Hidden Valley Hills

hidden valley hills

Hidden Valley Hills merupakan tempat yang menyajikan keindahan alam yang dikolaborasikan dengan kemewahan yang modern. Tempat ini sering disebut sebagai negeri di atas awan karena letaknya yang berada di ketinggian sekitar 333 mdpl. Yang menarik dari tempat ini ialah adanya 7 pilar tugu Belanda Kuno 1898 M sebagai spot foto estetis. Pilar-pilar itu menceritakan tentang berdiri hingga runtuhnya kerajaan kuno yang berada di tanah pasundan.

Dari Hidden Valley Hills Anda dapat secara langsung menyaksikan bentangan Gunung Lembu, Gunung Cupu, dan Gunung Parang. Udaranya yang sejuk juga akan mampu merelaksasikan diri dari segala kepenatan. Di samping itu, Hidden Valley Hills juga menyediakan penginapan serta resor yang memberikan Anda kesempatan untuk lebih lama menikmati keindahan alam di sekitarnya. Ketika menginap, Anda juga dapat menikmati fasilitas lainnya, seperti skypool. Namun, untuk berkunjung ke Hidden Valley Hills, Anda tidak perlu menginap terlebih dahulu karena tempat ini juga terbuka untuk wisatawan yang hanya datang untuk sementara waktu saja.

Lokasi: Cibodas, Kec. Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41167

3. Giri Tirta Kahuripan

giri tirta kahuripan

Resor mewah Giri Tirta Kahuripan ini juga dapat menjadi pilihan tempat Anda berwisata. Resor ini berada pada ketinggian 500 mdpl. Yang menarik dari resor ini adalah disediakannya fasilitas skypool yang berbatasan langsung dengan tebing. Hal ini memberikan sensasi seperti berenang di atas langit. Anda juga dapat berenang di skypool sembari langsung menikmati pemandangan alam sekitar dengan ditemani hawa yang sejuk.

Resor ini juga menyediakan berbagai wahana bermain, seperti sepeda air, lapangan futsal, flying fox, water slide, dan ATV. Ada juga kebun buah dan kebun binatang mini yang bisa dikunjungi para wisatawan. Adapun pemandangan yang disajikan saat Anda menginap di sana berupa hamparan pegunungan yang indah menenangkan. Layaknya Hidden Valley Hills, untuk mengunjungi Giri Tirta Kahuripan Anda juga tidak diharuskan menginap terlebih dahulu.

Lokasi: Jl. Raya Wanayasa RW No, RT.04/RW.13, Taringgul Tonggoh, Kec. Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41174

4. Sasak Panyawangan

sasak panyawangan

Dalam bahasa Sunda, sasak berarti jembatan dan panyawangan berarti perenungan, sehingga sasak panyawangan adalah jembatan perenungan. Jembatan yang terbuat dari bambu ini membentang sepanjang 2,5 km di antara Gunung Parang dan Gunung Bongkok. Dari atas jembatan, wisatawan dapat menikmati pemandangan persawahan serta Waduk Jatiluhur dari kejauhan. Hal ini membuat sasak panyawangan memiliki spot foto yang bagus dengan latar belakang pegunungan hingga waduk di kejauhan.

Selain itu, terdapat kolam renang yang dapat digunakan pengunjung untuk bermain air. Air yang ada di kolam renang ini berasal dari pegunungan sekitarnya sehingga terasa menyegarkan. Selama berenang pengunjung juga dapat melihat pemandangan alam yang tersaji mengelilingi kolam. Ada pula wahana permainan flying fox yang menantang karena memiliki panjang 500 meter dan tinggi 300 meter. Dengan ukuran tersebut maka flying fox Sasak Panyawangan menjadi yang tertinggi dan terpanjang di Jawa Barat.

Lokasi: Sukamulya, Kec. Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41165

5. Curug Cipurut

curug cipurut

Jika Anda ingin menjauh dari kebisingan kota dan mencari ketenangan maka datanglah ke Curug Cipurut. Curug ini memiliki ketinggian 25 meter dan dikelilingi hutan rimbun yang menambah keasriannya. Dinding tebingnya juga diselimuti oleh tanaman liar dan tanaman hijau yang menunjukkan kealamiannya. Meskipun ini sebuah curug, debit airnya tetap ramah bagi pengunjung dan airnya juga dingin menyegarkan.

Selain berenang, wisatawan juga diperbolehkan untuk berkemah di area curug. Area perkemahan berada di tempat yang dikelilingi pepohonan pinus sehingga terasa sunyi menenangkan. Jangan harap ada penginapan permanen di sana karena warga sekitar ingin tetap menjaga keindahan alami curug tersebut. Oleh karena itu, Anda yang ingin berkemah wajib membangun tenda di tengah pepohonan pinus tadi.

Lokasi: Wanayasa, Kec. Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41174

6. Curug Tilu

curug tilu

Wisata air terjun lain yang dapat dijadikan pilihan adalah Curug Tilu. Curug ini terkenal dengan airnya yang berwarna hijau. Pesona kecantikan warna air dari curug inilah yang menarik minat pengunjung. Selain itu, curug ini juga masih asri karena belum terjamah banyak orang.

Keunikan dari Curug Tilu adalah adanya leuwi atau kolam batu alami sedalam 1-2 meter untuk berendam dan bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar. Namun, kolam ini benar-benar hanya dapat digunakan untuk berendam saja karena lebarnya hanya 5-10 meter. Air terjun dari curug ini mengalir dari bebatuan berundak dan curahan airnya sangat bening dan bersih. Curug Tilu mulai beroperasi pukul 06.00 hingga 16.00 sehingga sebaiknya Anda datang di pagi hari kalau ingin berkunjung. 

Lokasi: Ciririp, Kec. Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41116

7. Air Panas Ciracas

air panas ciracas

Purwakarta juga memiliki sumber pemandian air panas, yaitu Ciracas. Wisata pemandian ini dikelilingi pepohonan dan hamparan persawahan sehingga menimbulkan suasana khas pedesaan yang asri. Suasana pedesaan yang ditawarkan memberikan Anda kesempatan untuk mengabadikan momen lewat foto-foto dengan latar belakang alam hijau.

Ada 12 sumber air panas yang ada, tetapi beberapa di antaranya terletak di lahan sawah milik warga sekitar. Hal ini menyebabkan hanya ada dua kolam pemandian yang digunakan dengan ukuran sekitar 5 x 10 meter. Sebagai informasi tambahan, warga sekitar percaya bahwa sumber air panas Ciracas dapat membantu menyembuhkan penyakit gatal-gatal, rematik, dan sebagainya karena mengandung sulfur.

Lokasi: Ciracas, Kec. Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41175

8. Waduk Jatiluhur

waduk jatiluhur

Waduk Jatiluhur adalah waduk terbesar dan waduk buatan pertama yang ada di Indonesia. waduk ini dibangun pada tahun 1957 dengan luasnya yang mencapai 8.300 hektar. Waduk Jatiluhur pada awalnya ditujukan untuk irigasi, pembangkit listrik, budidaya ikan serta sumber air minum. Akan tetapi, seiring waktu berlalu Waduk Jatiluhur dikembangkan menjadi objek wisata yang menarik bagi para wisatawan.

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan ketika berkunjung ke waduk ini. Biasanya para wisatawan yang berkunjung akan menyewa perahu-perahu nelayan untuk berkeliling waduk. Kegiatan lainnya ialah memancing, bermain di wahana permainan, olahraga air hingga wisata kuliner. Misalnya, pengunjung dapat melakukan selancar angin, perahu dayung, ski air, dan berenang.

Pemandangan alam sekitar yang berupa pegunungan dan perbukitan hijau membuat waduk ini juga memiliki nilai estetis. Adanya pepohonan rimbun di sekitar waduk juga menambah keindahan dari Waduk Jatiluhur. Anda dapat berfoto selama berkeliling menggunakan perahu dengan memilih spot yang tepat di tengah waduk. Bahkan, Anda juga dapat menyempatkan diri menikmati sunset di atas perahu tersebut. Selain itu, ada juga tangga berputar unik yang menuju ke rumah pohon dan balkon yang mirip dengan ujung perahu sebagai spot foto instagramable lainnya.

Lokasi: Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat

9. Situ Wanayasa

situ wanayasa

Situ Wanayasa adalah sebuah danau alami yang berada pada ketinggian 600 mdpl. Ketinggian itu membuat udara di sana terasa lebih segar dan sejuk. Jauhnya tempat wisata ini dari hiruk pikuk perkotaan juga membawa ketenangan tersendiri bagi Anda.

Situ Wanayasa dikelilingi oleh perbukitan dan pepohonan hijau dengan latar Gunung Burangrang yang menambah keindahannya. Di tengah danau ini ada sebuah pulau tempat dimakamkannya R.A. Suriawinata, seorang pendiri Purwakarta. Pengunjung yang ingin berziarah bisa ke sana melalui jembatan kecil yang ada di sisi danau.

Keindahan alam sekitar Situ Wanayasa tentu dapat menjadi kesempatan Anda mendapatkan momen terbaik untuk kenangan selama berlibur di sana. Misalnya, foto berlatarkan danau dan gunung atau di jembatan yang menuju pulau. Aktivitas lain selain berfoto yang dapat dilakukan di sini ialah berkeliling menggunakan perahu bebek kayuh, sepeda air, ataupun memancing.

Lokasi: Wanasari, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

10. Alun-Alun Purwakarta

alun alun purwakarta

Setiap wilayah di suatu daerah biasanya memiliki alun-alun yang selalu ramai dikunjungi, tak terkecuali di Purwakarta. Alun-alun Purwakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke Kota Purwakarta. Jika beruntung maka Anda dapat menyaksikan acara atau perayaan penting yang dilakukan masyarakat asli sana bila ada suatu hari penting atau hari besar yang sedang diperingati.

Alun-alun ini memberikan pemandangan taman kota yang indah. Taman ini sangat terawat dan hijau sehingga menimbulkan kesan yang sejuk dan sedap dipandang mata. Adapun taman yang ada di sekitar alun-alun Purwakarta di antaranya ialah Taman Pelangi dan Taman Maya Datar. Di taman-taman itu ada air mancur mini serta jembatan yang melewati kolam ikan yang dapat Anda jadikan sebagai spot berfoto.

Lokasi: Purwamekar, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41114

11. Cikao Park

cikao park

Tempat wisata Cikao Park menawarkan Anda untuk berwisata sambil belajar. Tempat wisata semacam ini tentu akan cocok untuk berlibur bersama keluarga. Panorama alam yang indah dapat Anda kenang bersama seluruh keluarga, sedangkan permainan serta edukasi akan baik untuk anak-anak. 

Adapun ragam wahana yang dapat ditemui di Cikao Park, yaitu kolam renang (waterpark), taman satwa, rumah ilusi, dan lampion garden. Keberadaan kolam renang tentu akan membuat liburan menjadi lebih menyenangkan dan menyegarkan dengan bermain air. Kolam renang Cikao Park juga dihiasi dengan bebatuan warna-warni layaknya sungai sungguhan yang memperindah tampilannya. Selain itu, ada juga kolam ombak yang didesain seperti pantai pasir putih dan kolam renang untuk bermain busa yang menyerupai salju.

Taman satwa dapat menjadi media edukasi sekaligus bermain bagi anak. Mereka dapat berinteraksi langsung dengan hewan-hewan yang ada di sana, seperti burung-burung yang ada dapat dilihat pada area bird park. Ada pula rumah ilusi yang berisi gambar 3D pada dinding bangunannya sehingga terlihat nyata sekaligus mengagumkan. Tentu akan banyak spot foto menarik yang akan ditemukan di sini dan hasilnya pun akan terlihat nyata. Sementara lampion garden akan cocok Anda datangi ketika malam hari sembari berjalan santai dan berfoto berlatarkan lampion cantik yang menyala.

Lokasi: Jalan Raya Sukatani, Cisalada, Sukatani, Purwakarta Regency, West Java 41152

12. Taman Pancawarna

taman pancawarna

Taman Pancawarna yang memiliki arti taman lima warna, yaitu taman yang memiliki bunga berwarna warni. Bunga-bunga ini akan segera menyambut Anda begitu memasuki taman. Taman ini juga dihiasi air mancur yang menambah keindahannya. Di dalam kolam itu juga terdapat beragam ikan hias yang semakin mempercantiknya.

Selain menikmati keindahan taman, Anda juga dapat berfoto berlatarkan bunga-bunga, pepohonan, dan air mancur. Anda juga dapat berfoto dengan patung macan putih yang terpajang di area taman atau jembatan kayu kecil melengkung yang terlihat apik di foto. Ada juga sebuah kereta kencana dekan Kantor Bupati yang biasa Anda jadikan sebagai spot berfoto.

Lokasi: Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41111

13. Taman Sri Baduga

taman sri baduga

Taman Sri Baduga menjadi salah satu wisata wajib didatangi ketika Anda berkunjung ke Purwakarta. Taman ini dikelilingi oleh danau yang luas dan indah sehingga tampak sangat indah. Taman ini juga selalu berhasil menarik minat wisatawan sehingga sangat ramai dikunjungi. Para wisatawan berkunjung untuk menikmati pertunjukan air mancur layaknya yang ada di Singapura.

Namun, air mancur yang ada di taman ini lain dari biasanya. Taman air mancur ini menawarkan penampilan atraksi yang didukung oleh kecanggihan teknologi yang digunakan. Penggunaan teknologi membuat taman air mancur akan memancarkan sinar laser yang membuat berbagai efek cahaya yang cantik dan membuat kagum.

Adapun air yang dipancarkan ialah setinggi 6 meter dan dibalut dengan sinar laser berwarna-warni. Selain itu, atraksi itu juga akan diiringi dengan lantunan musik Sunda yang khas.  Akan tetapi, Anda tidak dapat menyaksikan atraksi ini setiap saat karena hanya akan diselenggarakan setiap hari Sabtu malam saja.

Selain menyaksikan pertunjukan air mancur, Anda juga dapat mengabadikan momen berwisata ke Taman Sri Baduga, baik ketika pertunjukan berlangsung maupun tidak. Ketika pertunjukan berlangsung, foto yang Anda ambil akan menghasilkan keindahan warna-warni yang ada di taman ini. Sementara saat tidak ada pertunjukan Anda akan mendapatkan foto yang berlatarkan kemegahan danau di Taman Sri Baduga beserta air mancurnya. Anda juga dapat berfoto dengan latar patung Sri Baduga Mahara yang ada di tengah taman.

Lokasi: Jl. K.K Singawinata No.73, Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41111

14. Taman Batu Purwakarta

taman batu purwakarta

Taman Batu Purwakarta adalah destinasi wisata alami yang ada di Purwakarta. Taman ini sebenarnya merupakan kolam renang alami yang dihiasi bebatuan besar yang tersebar di sekitar kolam dengan ukuran bervariasi. Taman ini diapit persawahan, perbukitan, dan sungai yang membuatnya tampak asri. Airnya juga sangat jernih dan bersih sehingga lebih menyegarkan. Meskipun alami, ada juga air terjun buatan yang dibangun untuk meningkatkan suasana alam di sekitar kolam.

Kolam renang pada taman ini disusun bertangga dengan ukuran masing-masing 10 x 6 meter. Sementara tingkat kedalamannya disesuaikan dengan usia pengunjung, yakni mulai dari semata kaki hingga 4 meter. Jadi, taman ini akan menjadi destinasi wisata yang tepat untuk dikunjungi oleh keluarga.

Saat berlibur tentu swafoto menjadi kegiatan yang wajib dilakukan. Ada beberapa spot apik yang dapat Anda jadikan spot foto ketika berkunjung ke sini, yaitu saung, pendopo, panorama sekeliling kolam, di bawah air terjun, dan lain-lain. Di samping itu, terdapat juga beberapa tempat makan dan penginapan yang mempermudah waktu liburan Anda di sana.

Lokasi: Jl. Taman Batu, Cipeundeuy, Kec. Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41164

15. Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau

taman wisata batu apung alam hijau

Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau merupakan salah satu tempat wisata luas yang ada di Purwakarta. Taman ini memiliki beragam wahana yang dapat menarik minat wisatawan. Konsep yang diusung oleh tempat wisata ini adalah keluarga sehingga tempat ini akan cocok untuk liburan keluarga. Selain itu, Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau juga memberikan pengalaman liburan yang mampu mengedukasi anak selama liburan.

Adapun wahana yang ada di taman ini di antaranya adalah area bermain anak, sepeda air, dan taman burung yang dapat memberi anak waktu bermain sekaligus belajar. Ada juga kolam untuk berenang, tempat terapi ikan, dan area pemancingan. Wisata kuliner juga dapat dilakukan di taman ini karena banyak restoran yang menyajikan makanan khas Sunda yang mampu memanjakan lidah.

Suasana di sekitar taman yang dikelilingi oleh alam pegunungan dan pepohonan pinus yang sedap dipandang mata. Hal ini tentu sebuah keberuntungan bagi Anda yang selalu ingin mengabadikan momen liburan. Di taman ini juga tersedia spot foto yang disebut dengan paradise gate, yaitu tangga menuju bulan atau tangga untuk memetik bintang. Ada juga replika Patung Liberty dan Patung Merlion yang dapat menemani Anda berfoto. Jika sehari berlibur di Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau dirasa masih kurang maka Anda dapat menginap di penginapan yang telah tersedia.

Lokasi: Wanasari, Kec. Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41174

Berlibur merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk melepaskan penat dan lelah dari aktivitas harian yang monoton. Akan tetapi, destinasi wisata yang dikunjungi tak jarang justru ramai dan membuat diri kurang puas untuk dapat merilekskan diri. Bahkan, terkadang destinasi wisata yang pilihannya itu-itu saja malah menimbulkan kebosanan. Jika demikian, sebaiknya cobalah mengunjungi salah satu dari tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits 2023 di atas!